Wednesday, July 10, 2013

Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Banyak orang di dunia ini, baik itu laki-laki maupun perempuan yang berjerawat. Apa itu jerawat ? Bagaimana Jerawat bisa muncul ? apa penyebabnya ? Bagaimana cara menghilangkan atau mencegah timbul/terjadinya Jerawat ?  Nah,kali ini saya Ludhi Prasetyo akan menjelaskannya. Saya mendapatkan Ilmu ini dari berbagai sumber dan buku-buku yang pernah saya baca. Dan saya akan menyimpulkannya. Oke langsung saja.


 

APA ITU JERAWAT ?

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantong putih berbentuk benjolan ( tapi bukan bisul )  atau kantong putih itu disebut dengan kantong nanah. Pori-pori bisa terbuka ketika kita mengeluarkan keringat.

Lalu APA PENYEBAB MUNCULNYA JERAWAT ?

Penyebab Jerawat yaitu :
1. Pemyumbatan saluran pembuangan kelenjar minyak atau pori-pori pada permukaan kulit
2. Kelebihan produksi kelenjar minyak
3. Bisa juga adanya Bakteri yang menyebabkan Infeksi
4. Dan juga Jerawat bisa muncul karena terlalu banyak mengkonsumsi makan tertentu
Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan Jerawat : 

1. Gorengan
Makanan-makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak adalah salah satu faktor pemicu jerawat yang paling utama.

2. Susu
Hindari atau minimal kurangi konsumsi produk susu karena termasuk jenis makanan olahan yang mengandung antibiotik dan hormon yang memicu jerawat.

3. Kerang
Jenis seafood ini kaya akan iodine. Iodine atau makan asin dapat memicu pertumbuhan jerawat.

4. Udang
Jenis seafood lain yang memicu pertumbuhan jerawat adalah udang. Walaupun udang kaya akan vitamin dan nutrisi, namun sayangnya tidak baik untuk kulit Anda.

5. Donat
Anda mungkin penggemar makanan manis seperti donat misalnya. Namun, perlu diketahui, makanan-makanan manis mengandung gula dan karbohidrat olahan yang tinggi. Tak hanya itu, makanan-makanan ini umumnya dipanggang. Untuk mencegah jerawat, hindari makanan manis yang dipanggang.

6. Cereal
Jenis makanan yang umumnya dikonsumsi sebagai menu sarapan dan biasanya sangat disuka karena kepraktisannya memang sehat dan mengandung nutrisi tinggi, namun sereal kaya akan lemak trans yang dapat memicu timbulnya jerawat.

7. Makanan Beku
Makanan yang kaya akan lemak trans patut dihindari karena mereka menyebabkan jerawat. Makanan beku, terutama sayuran beku adalah makanan yang harus Anda hindari.

8. Roti putih
Ini adalah makanan lain yang dapat menyebabkan jerawat. Roti putih telah disempurnakan dengan menggunakan gula yang meningkatkan tingkat insulin dalam tubuh. Hal ini meningkatkan sekresi testosteron sehingga mengarah pada timbulnya jerawat.

9. Nasi
Jenis makanan yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia ini kaya akan karbohidrat terutama glukosa yang dapat memicu pertumbuhan jerawat. 
Sumber : Google

Nah, Itulah Penyebab Timbulnya Jerawat. 

Lalu BAGAIMANA CARA MENCEGAH JERAWAT ?

1. Banyak-banyaklah meminum Air Putih
2. Hindari Makanan Yang banyak mengandung bahan pengawet
3. Banyak mengkonsumsi makanan segar dan alami
4. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A (wortel, ubi jalar, bayam, kol peterseli, dan apricot).
5. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 (ikan, susu, daging, telur, sayur hijau, dan buah)
6. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 (telur, kacang tanah, daging dan hati)
7. Jangan memakai make up terlalu berlebihan
8. Rajin Berolah Raga

BAGAIMANA CARA MENGHILANGAKAN JERAWAT ?

1. Menggunakan Tomat
Cara menghilangkan jerawat dengan Tomat adalah kita hanya cukup mengiris tomat dan kemudian dioleskan lalu tempelkan di bagian wajah yang terkena jerawat, tunggu dan diamkan selama 15 menit. Untuk lebih memuaskan lakukan cara ini kurang lebih selama satu bulan.


3. Menggunakan Putih Telur
Cara menghilangkan jerawat dengan bahan yang satu ini cukup mudah, pisahkan putih telur lalu kita kocok hingga berbusa. Oleskan di bagian wajah yang terkena jerawat kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.

2. Menggunakan Bawang Putih
Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa dengan dua pilihan. Pilihan pertama adalah dengan menumbuk sampai halus dua atau lebih bawang putih dan kemudian dioleskan di sekitar wajah yang terdapat jerawat, diamkan selama 10 menit lalu bilas sampai bersih. Pilihan kedua, dengan memakan satu atau lebih bawang putih di setiap harinya.

3. Menggunakan Jeruk Nipis. Caranya, campurkan perasan lemon dengan air mawar dan oleskan di bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Pemakaian secara rutin selama 15 hari dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

4. Menggunakan Lidah Buaya
Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini juga cukup mudah. Caranya,  potong beberapa bagian dari lidah buaya dan buang kulit luarnya, oleskan cairan lidah buaya di bagian wajah yang berjerawat setiap pagi dan sore.

Oke, Sekian Tips Cara Menghilangkan Jerawat dan Penyebab munculnya Jerawat dari saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


1 comment: